Sunday, November 6, 2016

Efek Samping Alkohol Bahkan Setelah Bertahun Berhenti Menggunakannya

Efek Samping Alkohol Bahkan Setelah Bertahun Berhenti Menggunakannya

Apotekers.com Bagi sebagian orang mengkonsumsi alkohol menjadi sebuah keharusan, terkadang konsentrasi alkohol yang digunakan cukup amat besar mencapai 70 %. Padahal banyak sekali efek yang ditimbulkan jika trus mengkonsumsi alkohol setiap saat. Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa seseorang pecandu alkohol yang telah berhenti mengkonsumsi alkohol akan tetap terkena efek samping yang merugikan walaupun telah berhenti selama beberapa tahun.

Temuan baru yang diterbitkan dalam "Jurnal Of Studies On Alkohol and Drug " menunjukan bahwa ketergantungan alkohol sejak muda menyebabkan masalah kesehatan serius dikemudian hari. Temuan ini berdasarkan 368 pria yang tidak melaporkan adanya gejala ketergantungan pada masa dewasanya, 221 orang yang setidaknya memiliki tiga gejala ketergantungan pada masa dewasa awal dan usia menengah, dan 75 orang yang mengalami gejala ketergantungan diawal masa dewasa.

Secara keseluruhan, pada penelitian ini menemukan bahwa pria yang memiliki ketergantungan terhadap alkohol setidaknya selama 5 tahun, dimasa tuanya akan memiliki sitem imun tubuh, kesehatan fisik dan mental yang rendah dibandingkan yang tidak ketergantungan terhadap alkohol.

" Mereka yang ketergantungan alkohol dimasa muda akan memiliki minimal 3 masalah kesehatan dikemudian hari dibandingkan orang yang tidak mempunyai riwayat ketergantungan, kata Randy Haber, peneliti di Palo Alto Veterans Affairs Health Care Sytem, AS.

Selain itu tingkat depresi pecandu alkohol dua kali lebih tinggi, yang paling penting efek-efek ini terjadi bahkan setelah seseorang terbebas dari ketergantungan alkohol selama beberapa dekade. Menurut para peneliti ketergantungan juga akan mempengaruhi fungsi dari otak.




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon