Friday, September 30, 2016

Farmakokinetik Obat - Perjalanan Obat Di Dalam Tubuh

Farmakokinetik Obat - Perjalanan Obat Di Dalam Tubuh
Farmakokinetik



Apotekers.com Pelajaran faramkokinetik adalah suatu pembelajaran penting di dalam dunia pengobatan, hal ini ditujukan untuk membantu keberhasilan suatu pengobatan. Dan apa itu farmakokinetik obat,?? Pada kesempatan ini akan membahas tentang farmakokinetik atau perjalanan suatu zat kimia ( obat ) di dalam tubuh.

Farmakokinetik ??

Farmakokinetik adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana perjalanan suatu zat kimia ( obat ) di dalam tubuh. Ketika Suatu sedian obat diberikan secara ekstravaskuler ( per oral, intramaskular, intraperitoneal, subkutan atau melalui rektum) kepada pasien, maka obat akan mengalami proses absorpsi obat, distribusi, metabolisme dan eksresi ( ADME ), sebelum ia mencapai reseptor. Obat akan berada didalam sirkulasi sistemik dengan kadar tertentu, kemudian menembus keluar pembuluh darah, terdistribusi ke seluruh jaringan organ dan akhirnya berikatan dengan reseptor pada sel membran. Ikatan obat dengan reseptor ini yang akan menimbulakan reaksi kimia didalam sel sampai timbul efek obat.

Jadi perjalanan obat sampai menimbulkan efek, baik efek terapi maupun efek toksik, cukup panjang dan bervariasi. Variasi kadar obat ini tergantung dari sifat fsiko kimia, besar dosis dan jalur pemberian, serta kualitas subyek itu sendiri. Kualitas subyek itu juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, yaitu faktor internal dan eksternal, sehingga apabila kepada individu berbeda diberikan obat yang sama, dengan dosis dan jalur pemberian yang sama, akan menghasilkan kadar obat didalam darah yang berbeda dari waktu ke waktu, dan akhirnya juga menghasilkan efek farmakologis yang berbeda.

Ranah farmakokinetika terbatas pada sejak dosis diberikan sampai terjadinya kadar obat di dalam darah.jadi farmakokinetik menghubungkan antara besar dosis, jalur pemberian, kadar obat di dalam darah terhadap waktu. Dilain hal, farmakodinamik itu hubungan antara perubahan kadar obat dalam darah terhadap kadarnya direseptor. Karna tidak mungkin mengetahui kadar obat di reseptor, maka praktis farmakodinamik mengaitkan perubahan kadar obat di dalam darah terhadap efek yang terjadi.

Oke sekian dulu, di artikel selanjutnya nanti akan membahas bagaimana Proses ADME dan faktor yang mempengaruhinya. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon