Monday, January 16, 2017

Identifikasi Penetapan Kadar Dan Ekstraksi Flavonoid



Identifikasi Penetapan Kadar Dan Ekstraksi Flavonoid flavonoid adalah identifikasi flavonoid penetapan kadar flavonoid ekstraksi flavonoid sumber-sumber flavonoid flavonol  flavanoid  vitamin  flavonoid structure  bioflavonoids  flavonoids foods  flavonoids supplements  flavonol  flavonoids sources  flavonoids benefits  flavonoids health benefits  lipoflavonoid  cocoa flavonoids  chocolate flavonoids  flavonoid rich foods  flavonoids in food  flavonoids chocolate  marietidsel  bioflavonoids foods  bioflavonoids supplements  vitamin c flavonoids  citrus flavonoids  flavonoids in tea  flavonoid quercetin  flavonoids in chocolate  what foods have flavonoids  flavanoid  dietary flavonoids  flavanol antioxidants  best flavonoids supplements  flavonoids antioxidants  quercetin flavonoid  foods with flavonoids  kegunaan flavonoid
Apotekers.com Flavonoid merupakan senyawa polar karena adanya sejumlah gu
gus hidroksil bebas, sehingga dapat larut dalam pelarut polar seperti metanol, etanol, butanol dan air.Adanya gula yang terikat pada flavonoid menyebabkan flavonoid lebih mudah larut dalam air, aglikon yang kurang polar seperti flavon yang termetoksilasi cenderung lebih mudah larut dalam pelarut dan kloroform.


a. Identifikasi

Pemeriksaan flavonoid dilakukan dengan merajang 4 g sampel,masukkan dalam tabung reaksi,didihkan dengan 25  mL etanol dan saring selagi panas. Filtrat diuapkan sampai setengahnya, lalu tambahkan beberapa tetesasan clorida pekat dan serbuk magnesium. Terbentuk warna merah menunjukkan adanya flavonoid.

b. Penetapan Kadar

Ekstrak 0,5 mL ditambahkan metanol 1,5 mL ditambahkan 0,1 mL aluminium klorida 10%, ditambahkan natrium asetat 1 M 0,1 mL, ditambah air suling 2,8 mL, biarkan selama 30 menit dan ukur serapannya pada panjang gelombang maksimal dengan spektrofotometer UV-visibel.


c. Ekstraksi

Ekstraksi dapat dilakukan secara maserasi, perkolasi atau sokletasi menggunakan pelarut yang sesuai dengan kepolaran flavonoid yang akandianalisis. Selanjutnya ekstrak dipekatkan dan dibebaskan dari senyawa-senyawa non polar dengan memakai n-heksan atau kloroform.Ekstrak yang mengandung flavonoid difraksinasi dengan pelarut yang cocok.Pemisahan flavonoid dalam jumlah besar dilakukan dengan kromatografi kolom.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon