Thursday, December 22, 2016

Apotek Rakyat Resmi Dihapuskan Lewat Permenkes No 53 Tahun 2016

Tags


Apotekers.com Wacana tentang penutupan apotek rakyat emang muncul sejak bulan September 2016 yang lalu, melalui rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan. Pada kesempatan itu juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kabareskrim Polri Ari Dono, serta Kepala Badan POM RI.

Dan pada hari Selalsa (20/12/16) melalui situs resmi Hukum dan Oragnisasi Kementeri Kesehatan Republik Indonesia merilis Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes/PMK) No 53 Tahun 2016 yang berisikan tentang pencabutan Permenkes 284/MENKES/PER/III/2007 yang berisikan tentang apotek rakyat.

Alasan dari pencabutan apotek rakyat adalah, pemerintah telah gencar dalam mendistribusikan obat-obatan generik yang tentunya memiliki harga yang terjangkau bagi masyarakat pada umunya, hal ini menjadikan keberadaan apotek rakyat dianggap tidak dibutuhkan lagi.

Wacana-wacana tersebut tentunya telah lama difikirkan, dan pada tahun ini keadaan semakin mendesak apotek rakyat lebih baik ditutup saja. Menurut Menteri Kesehatan Nila Moeloek hal ini juga di dasarkan pada bahwa apotek rakyat telah banyak yang tidak sesuai lagi dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Penutupan tersebut dilakukan dengan cara melakukan pencabutan izin pada apotek rakyat, yang kemudian akan menjadi toko obat berizin, tentunya jika memenuhi persyaratan apotek rakyat bisa ditingkatkan menjadi Apotek ujar Menteri Kesehatan.

Beberapa kutipan dari Permenkes No 53 Tahun 2016 diantaranya :
  1. bahwa dalam rangka menjamin perlindungan kepada masyarakat serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian, perlu penataan penyelenggaraan fasilitas pelayanan kefarmasian;
  2. bahwa Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 284/Menkes/Per/III/2007 tentang Apotek Rakyat perlu disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan hukum;
  3. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Peraturan Menteri Kesehatan tentang Pencabutan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 284/Mnkes/Per/III/2007 tentang Apotek Rakyat;
Untuk lebih lanjutnya silahkan download Permenkes No. 53 Tahun 2016
Berikut juga dilampirkan Permenkes N0 284 Tahun 2007

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon