Monday, December 5, 2016

Cara Distribusi Obat Yang Baik (CDOB)

Cara Distribusi Obat Yang Baik (CDOB) cdob  bpom kosmetik  cdob 2012  cara distribusi alat kesehatan yang baik  cara penyimpanan obat  nomer hk  nomor hk  distribusi obat  no hk  bpom indonesia  kosmetik bpom  kimia farma  cpob  sipnap  badan pom  pengertian farmasi  website bpom  obat kosmetik  bpom registrasi  gaji apoteker  kementerian kesehatan ri  bentuk sediaan obat  pedagang besar farmasi  menteri kesehatan indonesia  gambar farmasi  jurnal farmasi  sistem distribusi obat  daftar bpom  produk kimia farma  cara pembuatan obat tradisional nomor hk  badan pom  pedagang besar farmasi  hk nomor  cara distribusi obat yang baik  distribusi obat  tugas kepala gudang distributor  nmor hk  cara distribusi alat kesehatan yang baik  cdob 2012  struktur organisasi bpom  sistem distribusi obat  sop penyimpanan obat  pengawasan obat dan makanan  cpob ppt  struktur organisasi pedagang besar farmasi  badan pemeriksa obat dan makanan  struktur organisasi pbf  cara membuat berita acara kerusakan  pengertian distribusi obat  cara penyimpanan obat yang baik dan benar  cpob pdf  harga termohigrometer  cdob 2012 pdf  distributor farmasi  distribusi pdf  cara distribusi obat yang baik pdf  sistem penyimpanan obat  badan pengawas obat dan makanan republik indonesia  peraturan pemerintah no 72 tahun 1998 BPOM APOTEKER IAI

Apotekers.com Dalam setiap pendistribusian obat haruslah dilakukan dengan cara yang tepat, dan baik agar obat yang didistribusikan terjamin kualitas mutunya. Hal ini memanglah tidak mudah dilakukan mengingat banyak cara yang harus dilakukan dalam distribusi obat yang baik. Pada artikel ini akan membahas bagaimana cara distribusi obat yang baik.

Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB)

Menurut Keputusan Kepala BPOM No. HK 00.05.3.2522 Tahun 2003,  CDOB merupakan standar jaminan kualitas oleh distributor agar penyebaran obat merata dan teratur, pengamanan lalu lintas dan penggunaan obat yang tepat, keabsahan dan mutu obat, serta penyimpanan obat yang aman yang sesuai kondisi sesuai dengan persyaratan.

Tujuan utama pelaksanaan distribusi obat yang baik adalah terselenggaranya suatu sistem jaminan kualitas oleh distributor, yaitu :
1. Menjamin penyebaran obat secara merata dan teratur agar dapat tersedia saat diperlukan.
2. Terlaksananya pengamanan lalu lintas dan penggunaan obat tepat sampai kepada pihak yang membutuhkan secara sah untuk melindungi masyarakat dari kesalahan penggunaan atau penyalahgunaan.
3. Menjamin keabsahan dan mutu agar obat yang sampai ke tangan konsumen adalah obat yang efektif, aman dan dapat digunakan sesuai tujuan penggunaannya.
4. Menjamin penyimpanan obat aman dan sesuai kondisi yang dipersyaratkan, termasuk selama transportasi.

Aspek-Aspek CDOB

CDOB merupakan suatu pedoman cara distribusi obat yang baik meliputi :
1. Manajemen mutu.
2. Organisasi, manajemen dan personalia.
3. Bangunan dan peralatan.
4. Operasional.
5. Inspeksi diri.
6. Keluhan obat dan/atau bahan obat kembalian, didiga palsu dan penarikan kembali.
7. Transportasi.
8. Fasilitas berdasarkan kontrak.
9. Dokumentasi.

Sumber :  Peraturan KBPOM No HK 03.1.34.11.12.7542 Tahun 2012

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon