Friday, November 25, 2016

Obat Kanker Terbaru Ini Dihentikan Uji Kliniknya Setelah Memakan Korban Jiwa

Obat Kanker Terbaru Ini Dihentikan Uji Kliniknya Setelah Memakan Korban Jiwa


Apotekers.com Dalam setiap perkembangan obat baru banyak sekali tahapan yang harus dilalui, tapi tentu tidak selamanya penelitian atau perkembangan obat baru membuahkan hasil yang baik. Untuk kedua kalinya perusahaan farmasi Juno Therapeutics (Amerika) menghentikan percobaan uji klinik CAR-T yang melihat keefektifan obat JCAR015 untuk leukimia limfoblastik akut yang telah mengakibatkan dua pasien uji meninggal dunia setelah permbengkakan parah di otak.

Hal ini merupakan untuk yang kedua kalinya uji klinik ini dihentikan karena pada awal Juli tahun ini terjadi kematian 3 pasien uji dari endema serebral. Dengan demikian total 5 meninggal dunia setelah 2 uji klinik pengulangan. Tentunya kejadian ini menjadi hambatan yang sangat serius dalam tahapan lolos persetujuan dari FDA Amerika.

Juno memberikan pandangan bahwa kesalahan bukan karena metoda pengobatan, bukan karena kombinasi dari obat kemoterapi yang diberikan kepada pasien pada awal uji ini dilakukan. "penghapusan fludarabine telah mengurangi kejadian neurotoksisitas parah , kata CEO Juno.

Perusahaan ini juga mengklaim bahwa semua orang yang ikut pada uji klinik ini juga berada pada kondisi kesehatan yang buruk, pasien ini hampir tidak ada pilihan lain, dan memiliki penyakit yang sangat mematikan.

Terapi CAR-T bekerja melauli sistem re-enginering sel kekebalan tubuh untuk mengindetifikasi kemudian menghancurkan tumor. Namun saat ini masih dalam tahap pengembangan dan eksplorasi oleh para peneliti. Pengembangan endema serebral merupakan fokus utama dari perusahan kami, kata wakil presiden eksekutif  Juno.

Dampak dari hal tersebut saham Juno turun kelevel 44% terendah yang pernah diberitakan, hal ini juga dirasakan oleh penggunaan lain dari CAR-T, seperti Kite Pharma dan saham Bio Bluebird masing-masing turun 2,9% dan 1,2%  setelah berita itu tersiar. 

pharmafile.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon