Tuesday, November 29, 2016

Obat Diuretik

Obat Diuretik

Apotekers.com Diuretik adalah obat bancar kemih, dalam arti memperbanyak kemih, baik volume maupun banyaknya frekuensi kemih. Diuretik berfungsi untuk mempengaruhi mekanisme fungsi ginjal dalam eksresi kemih.

Diuretik dibeda-bedakan sesuai dengan jenis senyawa, aktifitas, dan fungsi, maka dapat disebut : diuretik tiazid, diuretik hemat kalium, diuretik osmosis, diuretik kuat, diuretik merkurum, diuretik penghambat enzim karbonat.

Diuretik tiazid digunakan untuk mengurangi udem akibat gagal jantung, dan dengan dosis lebih rendah untuk menurunkan tekanan darah. Diuretik kuat digunakan untuk udem paru akibat gagal jantung yang sudah lama.

Aktifitasnya menghambat reabsorpsi cariran lengkung henle naik dalam tubulus ginjal; hipokalemia dapat terjadi, dan perlu sedikit berhati-hati untuk menghindari kemungkinan terjadinya hipotensi. Untuk diuretik kuat dapat disebutkan furosemid sebagai contohnya. Jika terdapat pembesaran prostat dapat mengakibatkan terjdinya resitensi urin. Kejadian itu kemungkinan kecil, jika pada awal terapi digunakan dosis kecil dan kurang poten.

Kombinasi diuretik mungkin efektif, terutama untuk udem yang resistensi terhadap terapi tunggal; kombinasi diuretik kuat dengan diuretik hemat kalium. Kombinasi tiazid dengan diuretik hemat kalium seperti spironolakton, berguna untuk gagal jantung. Jika hipo kalamia sulit diatasi atau hipokalamia harus dihindari, seperti pada pasien yang terus menerus cenderung mengalami aritmia ventrikel yang mengancam jiwa.

Untuk pasien usia lanjut, sebaiknya digunakan dosis awal yang rendah dan untuk pasien yang lebih lanjut usianya disesuaikan mengikuti fungsi ginjal. Diuretik sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang untuk terapi udem kaki yang ringan, yang sebenarnya sudah memberikan respon dengan bertambahnya gerak, misal dengan mengangkat kaki.

Obat-obat kelas terapi diuretik diantaranya : amilorid hidroklorida, asetazolamid, furosemid, hidroklorotiazid, indapamid, klortalidon, manitol, spironolakton.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon