Thursday, November 24, 2016

Cara Mudah Untuk Cegah Kanker Hati

Cara Mudah Untuk Cegah Kanker Hati

Apotekers.com Kanker hati bisa menyerang siapa saja, dan dimana saja. Begitu juga dengan faktor penyebabnya yang terkadang disebabkan oleh hal-hal sederhana. Pada artikel ini akan dibahas tentang cara sederahan cegah kanker hati.

Kanker hati adalah kanker yang bermula dari liver atau hati, tumor ganas ini banyak ditemukan khususnya bagi masyarakat Indonesia. Tetapi sebenarnya kanker ini sangat erat kaitanya dengan kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari pencemaran lingkungan, faktor keturunan, penyebaran virus, kebiasaan-kebiasaan buruk sehari-sehari, seperti merokok dan lainya.

Faktor-faktor seperti diatas pada umunya banyak menjadi sebab terjadinya kanker hati. apa yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya kanker hati sebenarnya sangat sederhana sekali, berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker hati.

1. Injeksi Vaksin Hepatitis B dan C

Resiko kanker hati dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi baik itu vaksin hepatitis B maupun vaksin hepatitis C. Maka dari itu vaksinasi merupakan metoda yang praktis dan efektif, terlebih sebuah penelitian menunjukan bahwa vaksinasi efektif setelah 10 tahun terhadap virus hepatitis B maupun C, tingkat pembawa antigen kanker menurun dari 10 % menjadi 1,3 %.

2. Pola Hidup Sehat 

Tidak kalah penting adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengatur pola makan dan olah raga teratur. Hal ini sebenarnya wajib dilakukan untuk mencegah penyakit-penyakit kronis lainya.

3. Hindari Makanan dan Minuman Seperti

Makanan yang berfragmentasi yang mengandung aflatoksin dengan kadar tinggi, zat ini dikelompokan sebagai karsinogen dan merupakan salah satu faktor penyebab kanker hati. Selain itu alfatoksi juga menyebabkan poliferasi empedu, ginjal, testis, sistem saraf yang mengalami perubahan. juga menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Selain itu hindari untuk mengkonsumsi minuman yang beralkohol, apalagi minuman yang beralkohol tinggi, juga hindarilah merokok yang banyak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan kita.

4. Lakukan Pemeriksaan USG Secara Teratur

Pemeriksaan USG merupakan salah satu cara yang efektif dalam melakukan pengechekan ada atau tidaknya kanker hati. Hal ini dapat digunakan sebagai acuan yang cepat atau secara dini untuk mengetahui suatu kanker dalam tubuh seseorang, terutama untuk orang-orang yang beresiko tinggi menderita kanker hati, seperti penderita hepatitis B, orang-orang yang mempunyai riwayat keluarga yang terkena kanker.

Tentu mencegah lebih baik dari pada mengobati !!!


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon