Friday, November 25, 2016

BPOM Kembali Keluarkan Surat Peringatan Keamanan Piperacilin

Tags

Badan POM Kembali Keluarkan Suarat Peringatan Keamanan Piperacilin

Apotekers.com Surat peringatan keamanan (safety alert) dikeluarkan oleh Badan POM untuk piperacilin tunggal atau kombinasi dengan tazobactam berupa potensi resiko akan terjadinya Drug Reaction with Eosinophilia and Systemic Symptomps (Dress).

Piperacilin merupakan antibiotik yang dapat digunakan dalam bentuk tunggal maupun kombinasi, dan biasanya dikombinasi dengan tazobaktam. Kedua kombinasi ini biasanya diindikasikan untuk infeksi saluran kemih maupun saluran pernafasan bawah intra abdominal, intra vena.

Surat ini bernomorkan B-PW.02.03.343.3.11.16.9205 diterbitkan di Jakarta pada tanggal 23 November 2016 yang ditujukan pada Ikatan Dokter Indonesia ( IDI) dan juga Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Surat ini juga ditembuskan kepada,

  1.  Kepala Badan Pengawasan Obat Dan Makanan ( sebagai laporan )
  2.  Pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia ( PERSI )
  3.  Pengurus Asosiasi Klinik Indonesia 
Isi dari surat peringatan keamanan ini adalah sebagai berikut :
Sehubungan dengan adanya informasi aspek keamanan produk obat Piperacilin tunggal maupun kombinasi dengan Tazobactam, bersama ini kami sampaikan seluruh informasi keamanan dari Health Canada berupa potensi resiko Drug Reaction with Eosinophilia and sytemic Symptoms pada penggunaan obat Piperacilin baik tunggal maupun kombinasi dengan Tazobactam.
Dalam rangka meningkatkan kehati-hatian dan melindungi masyarakat dari resiko efek samping obat Piperacilin (tunggal dan kombinasi dengan Tazobactam), terlampir kami sampaikan Safety Alert / Informasi untuk Sejawat Profesional Kesehatan dalam penggunaan obat tersebut pada pasien dan dapat disebarluarkan kepada anggota.

Health Canada mengidentifikasi bahwa 17 kasus DRESS berhubungan dengan kombinasi penggunaan obat Piperacilin dan Tazobactam. Pada kasus ini 1 orang meninggal dunia, meskipun peran lansung kombinasi obat ini tidak bisa ditetapkan, karena tentunya masalah kesehatan pasien yang sudah ada.

Untuk Lenkapnya silahkan download Safety Alert Pipiracilin.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon