Monday, November 28, 2016

Apa Itu Biopsi Cair ? Diagnosa Kanker Masa Depan Tanpa Perlu Pembedahan

Tags

Apa Itu Biopsi Cair ? Diagnosa Kanker Masa Depan Tanpa Perlu Pembedahan

Apotekers.com Kemajuan ilmu kesehatan semakin hari semakin menjanjikan, banyak penemuan baru membantu dalam segala bidang kesehatan, diagnosa, pengobatan dan segala macamnya. Salah satu perusahaan farmasi, Roche terus melakukan inovasi dan saat ini sedang mengembangkan metoda diagnostik dengan Liquid Biopsy.

Biopsi cair merupakan metoda alternanif sederhana dan tanpa rasa sakit dibandingkan dengan biopsi bedah. Tes biopsi cair yang dapat mendeteksi mutasi gen epidermal growth faktor reseptor (EGFR) ini dilakukan pada 10 sampai 35 persen dengan pasien kanker paru-paru sel tidak kecil (non-small cell lung cancer/ NSCLC). Hal ini akan membantu dokter dalam mendiagnosa dan dengan cepat dapat melakukan pemilihan obat yang tepat untuk pasien.

Penelitian awal dari biopsi cair ini telah dilakukan pada kanker paru-paru, payudara dan prostat, terapi teknologi ini diharapkan mampu memberikan dampak pada semua jenis kanker. Biospi cair hanya membutuhkan 5 mililiter darah, dalam artian lebih mudah dalam mentolerir pasien dengan proses yang lebih cepat dibandingkan biopsi bedah.

Sampel darah kemudian disentrifugasi untuk mendapatkan 2 mililiter plasma yang dapat dianalisis DNA tumor. Kenyaman dalam metoda ini adalah dorongan besar bagi pasien. Manfaat terbesarnya terletak pada potensi cair untuk mendeteksi perkembangan penyakit atau perlawanan terhadap pengobatan.

Dalam hal penerimaan pasien manfaat tes non-invasif, cepat dan mudah diulang jelas sangat penting. Dan dalam jangka panjang biopsi cairan dapat digunakan untuk mendeteksi tanda-tanda dini kanker, dan semua gejala yang muncul sebelum menderita kanker.

Biopsi dapat menggantikan metoda sebelumnya. Namun tentunya ada tantangan untuk memperluas penggunaan metoda baru ini dan masih ada tempat untuk biopsi jaringan. Karena mengambil dan menguji sampel jaringan tetap menjadi standar yang penting.

Untuk biopsi cair ini masih relatif awal dan masih banyak pertanyaan yang harus dijawab. Misalnya, untuk sejauh mana akurasi tes bervariasi antara jenis tumor dan stadium penyakit. Apakah biopsi cair bisa memberikan contoh wakil dari semua klon gentik dalam tumor ? Dan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut para peneliti masih harus bekerja keras.

Biopsi cair akan melengkapi dari biopsi jaringan memungkinkan ada banyak pasien lagi untuk diuji. Biopsi cair tidak akan menggantikan biopsi jaringan dimasa datang, kata pimpinan Lifecyle Untuk Genomik dan Onkologi Joakim Jagorstrand  di Roche diagnostik.

Biopsi cair akan melengkapi biopsi jaringan tapi masalahnya banyak sekali dan tidak cukup jaringan untuk mengujinya. Mengambil sampel darah dari pada mengandalkan jaringan akan menjadi kemajuan karena terkadang biopsi jaringan (bedah) tidak dapat mengambil jaringan yang cukup.

Peneliti belajar lebih banyak tentang potensi biopsi jaringan untuk mendeteksi mutasi, menunjukan bahwa kemajuan dan kekuatan teknologi diagnostik bisa menjadi benar-benar berubah di masa yang akan datang dalam hal ini diagnosa kanker sedini mungkin.

Roche.com


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon