Friday, October 14, 2016

Menegakkan Diagnosis Diabetes Melitus Dengan Melihat Gejala Khusus Dari Penyakit Diabetes Militus

Tags

Menegakkan Diagnosis Diabetes Melitus Dengan Melihat Gejala Khusus Dari Penyakit Diabetes Militus




Apotekers.com Diagnosis klinis diabetes melitus ( DM) umumnya akan dipikirkan bila ada keluhan khas DM berupa poliuria, polidipsia, polifagia, badan terasa lemah dan penurunan berat badan. Keluhan lain yang mungkin dikemukakan pasien adalah kesemutan, gatal-gatal, mata kabur dan impotensia pada pria, serta pruritusvulvae pada pasien wanita.

Jika ada keluhan khas, pemerikasaan glukosa darah sewaktu ( random ) besar sama dengan 200 mg/dl sudah cukup untuk menegakan diagnosis DM. Hasil pemeriksaan kadar glukosa darah puasa, besar sama dengan 126 mg/dl juga digunakan untuk patokan diagnosis DM. Untuk kelompok tanpa keluhan khas DM, hasil pemeriksaan glukosa darah yang baru satu kali saja abnormal, belum cukup kuat untuk menegakkan diagnosis klinis DM. Diperlukan pemastian lebih lanjut dengan mendapatkan seklai lagi angka abnormal, baik kadar glukosa darah puasa maupun kadar glukosa darah sewaktu pada hari yang lain, atau dari hasil Tes Toleransi Glukosa Oral ( TTGO ) yang abnormal.

Cara Pelaksanaan TTGO ( WHO 1985 )


  • Tiga hari sebelumnya makan seperti biasa
  • Kegiatan jasmani secukupnya, seperti yang biasa dilakukan
  • Puasa semalam, selama 10-12 jam
  • Diberikan glukosa 75 gram, dilarutkan dalam air 250 ml dan diminum kemudian dihabiskan dalam jangka waktu 5 menit.
  • Diperiksa kadar glukosa darah 2 jam sesudah beban glukosa diberikan, selama pemeriksaan subyek yang diperiksa tetap istirahat dan tidak merokok. 


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon