Friday, September 30, 2016

Obat Narkotika Analgesik, Obat Penghilang Rasa Sakit ( Coditam)

Obat Analgesik

Apotekers.com Sebagai manusia kita pasti pernah merasakan rasa nyeri, antaranya nyeri dibagian gigi, nyeri dibagian kepala dan sebagainya. Rasa sakit atau nyeri ini bisa diringankan, dihilangkan dengan pemberian obat-obat analgesik yang tepat untuk setiap penyakit. Dan pilihan obatnya pun ada bermacam-macam. Tentunya pemberian obat yang tepat didasarkan pada diagnosis yang tepat juga dari seorang dokter, sehingga pengobatan dari rasa nyeri tersebut bisa dengan cepat disembuhkan dan tepat sasaran. Pada kesempatan kali ini akan membahas obat golongan narkotika yang dikombinasi dengan obat bebas sebagai analgesik digunakan untuk menghilangkan nyeri yang sangat hebat.

CODITAM

Komposisi            : Kodein fosfat setara dengan kodein 30 mg dan Paracetamol  500 mg

Indikasi                : Meredakan rasa nyeri yang hebat.

Kontra Indikasi    : Hipersensitif, asma akut, peningkatan intrakranial, pembedahan saluran empedu,hamil dan menyusui, serta ganguan fungsi hati.

                     Efek Samping      :  Penggunaan jangka panjang menyebabkan toleransi ketergantungan, depresi pernafasan terutama pada penderita asma, depresi jantung dan syok, depresi mentas, sedasi, disforia, lemah, agitasi, nervous, delirium dan insomnia, mual, muntah, hipotensi dan konstipasi, reaksi hipersensitifitas, pada dosis besar dapat menyebabkan kerusakan hati.

                     Kemasan            : Botol 100 tab, Dus 10 x10 tab.


Nb: Tentunya obat golongan narkotika ini harus dengan resep dokter, mengingat bahaya dari efek samping obat ini. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon