Monday, June 28, 2021

Sejarah Ikatan Apoteker Indonesia

Tags


Apoteker, Ikatan Apoteker, Farmasi, Pharmacy, Indonesian, Indonesian, Dinas Kesehatan, Dinkes, Dinkes Provinsi, Apoteker, Indonesian Young Pharmacys


Apotekers.com
 Ikatan Apoteker Indonesia merupakan satu-satunya organisasi Profesi Apoteker di Indonesia. Banyak sejarah dalam proses pembentukan organisasi Profesi Apoteker ini, beberapa kali nama organisasi ini juga mengalami perubahan, Bagaimana sih sejarah Ikatan Apoteker Indonesia atau yang sering disingkat IAI ?


Berawal dari beberapa Apoteker di Jakarta mulai merasa perlunya suatu organisasi Apoteker yang dapat memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan - kepentingan farmasi pada umumnya dan kepentingan- kepentingan Apoteker pada khususnya. Kemudian pada tanggal 20 April 1955 dibentuklah suatu panitia persiapan untuk mempersiapkan dan melaksanakan pembentukan perhimpunan Apoteker nasional. Adapun panitia persiapan tersebut adalah, Drs. E. Looho, Drs, Liem TjaHo, Drs. Kwee Hwat Djien dan Drs. Ie Keng Heng. 


Para Apoteker Indonesia akhirnya berhasil melaksanakan Muktamar I di gedung Metropole ( Gedung Megaria, red ) pada tanggal 17 sd 18 Juni 1955. Pada saat itulah pengesahaan Ikatan Apoteker Indonesia yang disingkat IKA.


Selain itu hasil dari kongres I itu ialah :

  • Pengesahan lambang IKA .
  • Pengesahan Anggaran Dasar IKA .
  • Menetapkan urgensi program : Penyusunan daftar kebutuhan obat, mengatur distribusi obat dan mempersiapkan industri farmasi.
  • Pemilihan anggota.

Pada tanggal 9 September 1965 Ikatan Apoteker Indonesia ( IKA ) berubah nama menjadi Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia ( ISFI ). Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia merupakan satu - satunya organisai Profesi Kefarmasian di Indonesia yang ditetapkan dengan surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 41846/KMB/121 dan merupakan kelanjutan dari Ikatan Apoteker Indonesia yang didirikan pada tanggal 18 Juni 1955. 

Keanggotaan ISFI tidak hanya terdiri atas Sarjana Farmasi - Apoteker, namun juga Sarjana Farmasi non Apoteker. Pada saat itu juga dibentuk Korp Sarjana Farmasi menurut bidangnya masing-masing ; Korp sarjana Farmasi Distribusi, Korp Sarjana Farmasi Rumah Sakit, Korp Sarjana Farmasi, ABRI (TNI, red ) dan lain- lainya.

Organisasi Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia berubah nama menjadi Ikatan Apoteker Indonesia ( IAI ) pada Kongres XVIII di Jakarta tanggal 7 sd 9 Desember 2009.


Sumber : Ikatan Apoteker Indonesia , @ppiai , @iypgsumbar


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon