Thursday, February 22, 2018

Ilmu Resep Perhitungan Dosis Obat


Ilmu Resep Perhitungan Dosis perhitungan dosis obat, ilmu resep, perhitungan dosis anak, perhitungan dosis obat anak, farmasi, apoteker, apotekers,  dosis, patologi, kedokteran Kejang Demam,  kejang demam adalah kejang,  kejang demam komplek, kejang demam sederhana, kejang demam simplex kejang demam pada balita kejang otot, kejang demam, kejang pada bayi farmasi apoteker dokter dokter anak Apa Itu Farmakodinamika Obat ? farmakodinamik adalah farmakodinamika adalah ikatan obat dengan reseptor obat farmasi apoteker dokter efek samping obat perjalanan obat dalam tubuh efek obat struktur kimia reseptor apa itu reseptor reseptor obat adalah bagaimana obat sampai menimbulkan efek farmakokinetika biologi farmakologi anfisman anatomi fsiologi manusia patofsiologi farmakoterapi Seminar Nasional Dan Workshop Peran Aktif Apoteker Dalam Penatalaksanaan Penyakit Gangguan Endokrin dan Kelainan Hati Gerakan Nasional Apoteker Peduli Obat Aman (GNAPOA) Bersama PD IAI Sumatera Barat Seminar Nasional " Peran Farmasi dalam Perkembangan Obat Herbal dan Kosmetika di Era Digital " Farmasi IAI PAFI Fakultas Farmasi ITB, UI, UGM, IPB, USU, UNAND. UNSRI, STIFI, UP, UII, UAD,  seminar in english  seminar marketing  international seminar  story  seminar online  seminar workshop  definition of seminar  seminar leadership  seminar english  seminar is  seminar seminar nasional Apa itu farmasi,? urusan farmasi  fakultas farmasi  biaya kuliah  universitas farmasi  prospek kerja farmasi  biaya kuliah kedokteran  pendaftaran kuliah  pendaftaran kuliah 2016  kuliah farmasi  biaya kuliah s2  peluang kerja farmasi  kuliah apoteker  kuliah kedokteran  jurusan apoteker  daftar kuliah  biaya kuliah apoteker  biaya kuliah unpad  biaya kuliah farmasi  farmasi farmasi  biaya fakultas kedokteran  prospek kerja jurusan farmasi  berapa biaya kuliah farmasi  pekerjaan farmasi  biaya kuliah kebidanan  peluang kerja jurusan farmasi  universitas jurusan farmasi  biaya kuliah universitas pancasila  biaya sekolah kedokteran  biaya universitas pancasila  prospek kerja lulusan farmasi  farmasi apoteker apotek lowongan kerja apoteker  loker apoteker  lowongan apoteker  lowongan kerja apoteker 2016  profesi apoteker  lowongan kerja apoteker terbaru  lowongan kerja asisten apoteker  lowongan apoteker 2016  apotek online  seminar apoteker 2016  lowongan asisten apoteker  kuliah apoteker  jurusan apoteker  lowongan pekerjaan apoteker  biaya kuliah apoteker  pekerjaan apoteker  loker apoteker 2016  lowongan farmasi  stra apoteker  lowongan apoteker terbaru  pekerjaan farmasi  cari apoteker  kuliah apoteker berapa tahun  lowongan kerja asisten apoteker terbaru  seminar apoteker  kompetensi apoteker  pendidikan apoteker  pendaftaran apoteker  pendaftaran apoteker 2016  resertifikasi apoteker 2016  ikatan dokter anak indonesia Ikatan dokter Indonesia

Apotekers.com Di dalam sebuah pengobatan tidak jarang ditemukan adanya perhitungan perhitungan dosis untuk obat-obat tertentu. Ini banyak ditemukan jika pasiennya anak-anak, karena pada umumnya obat-obatan yang digunakan untuk anak dengan dosis yang diberikan adalah mg per kgBB. Tentunya faktor berat badan anak sangat penting diketahui guna berhasilnya terapi obat yang akan diberikan pada anak.


Dokter anak sering sekali meresepkan obat dalam bentuk dosis per kg berat badan, maka dari itu Apotekers sebagai profesi yang berhubungan dengan obat wajib mengetahui bagaimana menghitung dosis lazim yang digunakan dalam terapi obat pada anak. Tidak hanya itu Apotekers juga wajib mengetahui bagaimana menghitung dosis maksimum yang dapat diberikan kepada anak.

Berikut beberapa contoh kecil perhitungan dosis obat yang diberikan pada anak pada kasus demam tifoid dengan berat badan anak 25 kg yang berumur 7 tahun.

1. Paracetamol
Dosis paracetamol 10 - 15 mg/kgBB per pakai
Dosis paracetamol yang diberikan 3 kali 250 mg
Berat badan anak 25 kg
10-15 mg/kgBB x 25 kg = 250 - 350 mg/pakai
Jadi dosis yang diberikan sesuai

2. Kloramfenikol
Dosis Kloramfenikol 50-100 mg/kgBB/hari dalam 4 kali pakai
Dosis kloramfenikol yang diberikan
Kloramfenikol kapsul 500 mg 4 kali sehari 2 kapsul
Berat badan anak 25 kg
50 - 100 mg/kgBB x 25 kg = 1250 - 2500 mg/ hari
1x pakai = 1250 - 2500 / 4
               = 312,5 - 625 mg
Jadi dosis yang diberikan sudah sesuai.

Kloramfenikol syrup
Dosis kloramfenikol syrup 125 mg / 5 ml
1 1/3 sendok makan = 20 mL
Kloramfenikol = 20/5 ml x 125 mg
= 500 mg
Jadi dosis yang diberikan sudah sesuai.

Kemudian untuk menghitung dosis maksimum pada anak bisa menggunakan rumus young untuk anak kecil sama dengan 8 tahun dan rumus dilling untuk anak umur besar sama dengan 8 tahun.
Untuk Rumus Young = n / n + 12 x Dosis maksimum dewasa
Untuk Rumus Dilling = n / 20 x Dosis maksimum dewasa

Contoh perhitungan untuk kasus diatas :

Parasetamol dosis maksimal untuk dewasa adalah 4 gram atau 4000 mg
Dosis untuk anak 7 tahun  = n / n + 12 x dosis maksimum dewasa

                                           = 7 / 7 + 12 x 4000 mg  =  1473,68 mg

Jadi dosis maksimum untuk anak 7 tahun dengan berat badan 25 kg tersebut adalah 1473,68 mg, maka dari itu pemberian parasetamol untuk kasus diatas tidak boleh melebihi dari dosis 1473,68 mg, jika perkali pakainya parasetamol diatas adalah 250 mg maka pemberian parasetamol untuk anak tersebut tidak boleh lebih dari 5 kali pemberian seharinya.

Penggunaan obat yang diperuntukan bila perlu atau p.r.n haruslah disertai dengan dosis maksimum agar mengetahui berapa penggunaan maksimal yang boleh digunakan. Perhitungan diatas diterapkan hanya berdasarkan beberapa contoh obat, tentunya masih banyak lagi obat-obatan yang memerlukan perhitungan dosis.

Untuk melihat dosis lazim dan dosis maksimum yang digunakan baik itu pada anak- anak dan dewasa banyak buku yang bisa dilihat maupun sumber lain, seperti medscape, mims, farmakope Indonesia dan lain-lainya.


Sumber : Medscape, MIMS, Farmakope Indonesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon