Wednesday, January 11, 2017

Pengertian Dan Struktur Kulit

Pengertian Dan Struktur Kulit Kulit adalah kulit merupakan lapisan dari kulit struktur kulit bagian bagian kulit  anatomi kulit  lapisan kulit  kesehatan kulit  struktur kulit manusia  perawatan wajah  jaket kulit garut  jaket kulit  bagian kulit  memutihkan kulit  mengencangkan kulit wajah  cara diet  perawatan kulit wajah  kecantikan kulit  kulit kering  jerawat  kulit manusia  cara hidup sehat  memutihkan kulit wajah  alergi kulit  garcia kulit manggis  cara memutihkan kulit  lapisan kulit manusia  lapisan kulit bumi  merawat kulit wajah  bleaching kulit  tips merawat kulit wajah  kulit putih alami  batu ginjal  memutihkan kulit tubuh  cara memutihkan wajah  cara memutihkan kulit  memutihkan wajah  cara memutihkan kulit secara alami  memutihkan kulit  perawatan wajah  pemutih wajah  cara memutihkan badan  pemutih kulit  pemutih wajah alami  tips memutihkan wajah  cara memutihkan kulit wajah  cara memutihkan wajah dengan cepat  cara mencerahkan wajah  cara alami memutihkan kulit  perawatan kulit  cara memutihkan muka  cara memutihkan kulit dengan cepat  kesehatan kulit  tips memutihkan kulit  cara memutihkan kulit tubuh  memutihkan wajah secara alami  pemutih badan alami  cara alami memutihkan wajah  cara untuk memutihkan kulit  cara memutihkan tubuh  cara mencerahkan kulit wajah  memutihkan kulit secara alami  merawat wajah  cara memutihkan wajah secara alami

Apotekers.com Kulit merupakan selimut yang menutupi permukaan tubuh dan memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari berbagai macam gangguan dan rangsangan luar. Fungsi perlindungan ini terjadi melalui sejumlah mekanisme biologis, seperti pembentukan lapiasan tanduk, secara terus-menerus (keratinasi dan pelepasan sel-sel yang sudah mati), respirasi dan pengaturan suhu tubuh, produksi sebum dan keringat, dan pembentukan pigmen melainkan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet matahari, sebagai peraba dan perasa, serta pertahanan terhadap tekanan dan infeksi dari luar.


Adapun Struktur kulit terdiri dari 3 lapisan utama, yang berurutan dari luar kedalam, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis.

a. Epidermis 
Epidermis merupakan jaringan yang telah terdiferensiasi dan merupakan jaringan yang aktif, baik secara anatomi maupun secara fisiologi, tersusun dari beberapa lapis sel setebal 0,1-0,3 mm. Lapisan epidermis di bagian dalam terdiri dari sel-sel berbentuk kubnus yang hidup dan cepat membelah diri, sementara sel-sel di lapisan luar mati dan menggepeng. Fungsi dari lapisan epidermis adalah untuk membentuk lapisan pembungkus yang kohesif dan relatif tahan air.

Lapisan-lapisan penyusun epidernis dsari luar kedalam yaitu:
        Stratum korneum (lapisan tanduk)
        Stratum lusidum
        Stratum granulosum
        Stratum spinosum (lapisan sel yang menyerupai duri)
        Stratum germinativum (stratum basalis)

b. Dermis
Dermis adalah lapisan jaringan ikat yang mengandung banyak serat elastin dan kolagen, serta sejumlah besar pembuluh darah dan ujung-ujung saraf khusus. Pembuluh darah dermis tidak hanya memasok darah ke dernis dan epidernis, tetapi juga berperan penting dalam mengbatur suhu tubuh. Derrmis bertanggung jawab terhadap ketebalan kulit. Ketebalan lapisan dermis berbeda-beda pada berbagai bagian tubuh dan berbagai tingkat umur. Tipe sel utama pada dermis yaitu fibroblas ini membentuk kolagen, elastin, matriks protein, dan enzim-enzim seperti kolagenase.

c. Hipodermis 
Lapisan ini terletak dibawah dermis dan mengandung banyak jaringan adiposa dalam jumlah besar dan membentuk agregat dengan jaringan kolagen membentuk ikatan yang lentur antara struktur kulit di dalam dengan struktur kulit pada permukaan kulit. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung panas dan mekanik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon