Wednesday, December 21, 2016

Perkembangan Bioteknologi Yang Dibutuhkan Oleh Industri Farmasi

Tags

Perkembangan Bioteknologi Yang Dibutuhkan Pada Industri Farmasi Bioteknologi bioteknologi  bioteknologi konvensional  bioteknologi modern  contoh bioteknologi konvensional  bioteknologi tradisional  produk bioteknologi konvensional  contoh bioteknologi  mikroorganisme dalam bioteknologi  contoh bioteknologi modern  contoh produk bioteknologi konvensional  artikel bioteknologi  bioteknologi pangan  obat biolo  produk halal  contoh bioteknologi tradisional  produk bioteknologi  alat alat laboratorium biologi  bahan bahan kimia  produk bioteknologi modern  mikroorganisme bioteknologi  biologi  bakteri bioteknologi  pemanfaatan mikroorganisme dalam bioteknologi  bahan kimia dalam rumah tangga  contoh produk bioteknologi modern  peranan mikroorganisme dalam bioteknologi  alat laboratorium biologi  zat kimia  bioteknologi tempe  produk produk bioteknologi konvensional



Apotekers.com Perkembangan obat atau produk biologi perlu untuk terus dilakukan guna mendorong industri-industri farmasi didalam negeri. Diketahui bahwa produk biologi sendiri merupakan produk pangan dengan bahan baku dari makhluk hidup seperti sel dan lainya.

Hal tersebut diungkapan oleh Corporate Management System, Buisnis Development, Regulatory Affair, Strategic Investment Director PT. Kalbe Farma Tbk Sie Djohan. Pada kesempatan tersebut Djohan mengatakan bahwa perkembangan produk biologi diperlukan mengingat kebutuhan obat suatu negara mesti dipenuhi secara mandiri.

Lanjutnya bahwa industri farmasi kita sebagai bangsa besar kebutuhan obat kita dipenuhi secara mandiri. Artinya dalam kondisi apapun obat haruslah tersedia kata dia dalam sebuah Workshop Era Baru Industri Farmasi Di Indonesia Melalui Biosmilar, di Cikarang, Selasa (20/12/2016).

Selain itu perkembangan produk biologi harus dilakukan karena merupakan peluang bisnis yang sangat baik. Pasalnya jelas jika Indonesia terus bersaing dalam perkembangan obat kimia, sulit bersaing terhadap produsen obat negara lain yang tentunya lebih matang dan lebih baik.

Dalam membangun industri farmasi, produk biologi menjadi pilihan, karena untuk hal ini kita masih bisa mengejar ketertinggalan kita dari negara lain. Kalau untuk obat kimia jelas kita jauh ketinggalan oleh negara-negara seperti Cina dan India yang membuat industri farmasi Indonesia susah bersaing dengan negara tersebut.

Lebih lanjut Djohan mengatakan bahwa keuntungan dari produk biologi adalah dalam hal pemenuhan bahan baku yang sangat mudah, sementara untuk produk kimia kita masih banyak mengimpor bahan-bahan bakunya, kemudian tentunya produk biologi memiliki daya jual yang cukup tinggi.

Bukan hanya tentang hal-hal tersebut diatas, tetapi konsumsi obat saat ini juga mengarah kepada produk biologi. Ini juga perkembangan dari tren penggunaan obat biologi yang telah dimulai sejak 10 tahun yang lalu.

Emang proses perkembangan produk biologi tidak serta merta hanya dilakukan oleh industri farmasi saja. Tetapi kerja sama yang baik dengan pemerintah perlu harus dilakukan. Karena perlunya insentif untuk industri obat terutama dalam bidang penelitian yang memang memerlukan biaya yang cukup besar, sehingga diperlukan perhatian khusus untuk melakukan itu semua.

Sumber : http://health.liputan6.com/read/2683740/pengembangan-produk-biologi-diperlukan-untuk-industri-farmasi


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon