Sunday, December 11, 2016

Penyebab Masalah Pada Pernafasan

Tags

Penyebab Masalah Pada Pernafasan sistem pernapasan  sistem pernapasan pada manusia  sistem respirasi  ispa  alat pernapasan manusia  sistem pernapasan manusia  latihan pernafasan  alat pernapasan pada manusia  sistem respirasi manusia  mekanisme pernapasan  pernapasan perut  proses pernapasan pada manusia  proses pernapasan  pernapasan manusia  sistem respirasi pada manusia  latihan pernafasan ibu hamil  organ pernapasan manusia  saluran pernafasan  respirasi manusia  pernafasan diafragma  senam pernafasan  pernapasan pada manusia  organ pernafasan manusia  latihan pernafasan untuk ibu hamil  infeksi pernafasan  cara melatih pernafasan  proses pernafasan manusia  pernapasan  pernafasan normal  cara pernafasan perut

Apotekers.com Sering kali terkadang kita merasakan kehabisan napas dengan berbagai hal penyebab. Kurangnya kebugaran fisik atau penuaan bisa menjadi alasan. Tapi hal apapun itu,masalah bernapas merupakan sesuatu hal yang tidak boleh diabaikan, karena bisa menjadi indikasi masalah kesehatan yang serius. Jika Anda pergi memeriksanya ke dokter ketika memiliki masalah pernapasan, maka anda akan diminta untuk menjelaskan tentang gejala yang dialami sampai terjadinya permasalahan tersebut. Segera dokter akan menganalisa dan mendiagnosisya.

Berikut merupakan beberapa permasalah yang dapat menyebabkan gangguan pernafasan yang harus diketahui :

1. Penyakit Paru Obstuktif Kronik (PPOK)
Jika anda mengalami permasalah nafas selama batuk dan merasa susah untuk bernafas ketika batuk , itu bisa jadi merupakan anda menderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Hal ini sebenarnya jauh lebih serius dari batuk biasa dan orang yang menderita ini telah mengalami peradangan dan tersumbat saluran udara pada paru. Merokok adalah alasan utama untuk gangguan ini, selain polusi udara dan bahan kimia beracun.

2. Kekurangan Darah
Sering lelah ketika beraktifitas berarti itu menandakan bahwa tubuh ada kekurangan sesuatu yang diperlukan, yang diantaranya adalah kekurangan darah, sehingga Anda membutuhkan zat besi cukup untuk membantu membawa darah oksigen ke seluruh tubuh. Kurangnya darah dalam tubuh dapat menyebabkan pernapasan terganggu berserta juga nyeri di dada. Makan makanan yang kaya kandungan zat besi jika Anda memiliki masalah ini.

3. Kecemasan

Kecemasan juga dapat menyebabkan masalah pada pernafasan,  Anda dapat susah bernafas dari biasanya karena cepatnya pernafasan. Jika masalah ini terus berlanjut untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan hiperventilasi (over-pernapasan). Penanganan stres dengan cara yang tepat menjadi sangat penting dalam hal ini dan juga Anda perlu untuk bekonsultasinya kepada dokter untuk memberikan bantuan yang tepat.

4. Permasalah Pada Saluran Udara dan Jantung

Jika Anda tiba-tiba mengalami sesak nafas, saat memulai aktifitas sehari-hari anda, itu bisa mengisyaratkan beberapa masalah dalam saluran udara atau jantung. Sesak napas dapat menunjukkan pemasalahan pada jantung Anda saat berdetak atau memompa darah. Dapatkan penanganan medis segera jika Anda menghadapi masalah ini. Karena akan lebih bahaya jika tidak diberikan tindakan medis secara cepat.

5. Asma 
Tentunya yang paling utama yang membuat seseorang sesak nafas atau terganggunya pernafasanya adalah asma. Hal ini ditandai dengan peradangan atau penyempitan saluran nafas sehingga menyebabkan sesak atau sulitnya bernafas. Selain sesak nafas, penderita asma juga dapat mengalami gejala-gejala seperti nyeri pada dada, mengi, dan batuk-batuk.

Sumber : http://www.boldsky.com/health/wellness/2016/six-breathing-problems-you-shouldnt-ignore/6-whistling-sound-pf138828-108799.html

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon