Monday, December 12, 2016

Panduan Seorang Farmasi Untuk Penyakit Meniere

Tags

Panduan Seorang Farmasi Untuk Penyakit Meniere meniere syndrom  diet vertigo  meniere adalah  meniere disease adalah  meniere disease pdf  meniere syndrome adalah  sindrom meniere adalah  oriflame  farmasi maskara  farmsi  oriflame katalok  e farmasi  web farmasi  jurnal farmasi

Apotekers.com Kebanyakan pasien meniere di Amerika tidak terdiagnosis. Bahkan mungkin ada 5 pasien yang tidak terdiagnosis untuk setiap kasus meniere. Untuk itu perlu diketahui bagaimanana gejala serta nanti panduan yang diberikan oleh seorang farmasis ketika seseorang telah didiagnosis meniere oleh doketer.


Apa Itu Meniere


Meniere merupakan sebuah gangguan dibawah telinga bagian dalam yang dapat menyebabkan gejala vertigo secara spontan. Hal-hal yang dirasakan diantranya gerakan berputar apapun yang dilihat bersamaan dengan gangguan pendengaran secara Fluktuatif.


Gejala


Vertigo bisa berlangsung berjam-jam pada suatu waktu dan keseimbangan terasa berkurang. Gangguan pendengaran cenderung hanya satu bagian telinga saja pada awalnya, dan sewaktu-waktu dapat menjadi-jadi rasa sakit yang dirasakan, dan beberapa pasien mangalami gejala yang sangat berat, seperti gangguan pendengaran permanen. Sebuah sensasi penuh di telinga tak lama lansung terasa, di awal, atau selama penyakit ini berlansung. 

Pada awal gejalanya, pasien mungkin menderita "serangan yang lansung membuat tubuh drop seketika" tiba-tiba lansung mengalami sensasi pusing yang sangat hebat menyebabkan pasien kehilangan keseimbangan dan bisa jatuh sewaktu itu juga.

Cairan di telinga bagian dalam (endolymph) mengendap memberikan kontribusi dalam kehilangan pendengaran progresif. Pasien seringkali tidak menyadari penyebab awal penyakit ini. Penyebab paling umum termasuk genetika, trauma, dan penyakit disebabkan oleh virus (misalnya, flu, campak, dan lainya). 

Penyakit meniere kemungkinan juga berkaitan dengan migrain dan pada banyak pasien ini merupakan sebagai pemicu meniere, dan beberapa orang yang mengalami fotofobia, dan sakit kepala selama periode yang lama juga dapat menyebabkan meniere. 

Pemicu Dan Pengobatanya


Makanan asin, kafein, nikotin, dan stres adalah yang paling umum, diet dan gaya hidup yang salah juga sebagai pemicu penyakit ini. Berhenti merokok sangat penting dalam mengatasi penyakit ini. Apoteker harus mengingatkan perokok dengan penyakit Ménière, sehingga dengan berhenti merokok akan meningkatkan kontrol penyakit ini. Arahkan diet rendah natrium hipertensi  (misalnya, menggunakan DASH bukan garam) yang dapat memberikan bantuan pengendalian penyakit meniere. Konsumsi natrium di bawah 2000 mg per hari, dan target 1500 mg efektif untuk alkohol dan kafein, pengurangan ini harus dilakukan pada setiap orang. Berhenti merokok, serta menghilangkan stres, dan tegakkan gaya hidup sehat secara keseluruhan dalam menghindari penyakit ini.


Pengobatan Oral


Obat-obatan perawatan yang paling umum digunakan untuk penyakit Menière adalah diuretik, seperti Diamox Sekuel (kapsul acetazolamide release diperpanjang) dan Dyazide (triamterene / HCTZ) Obat-obat ini dapat meringankan cairan telinga yang mengendap sehingga mengurangi frekuensi vertigo dan menghindari gangguan pendengaran. Acetazolamide (a anhydrase inhibitor karbonat) alkalinizes urine, mendorong pembentukan batu ginjal, dan meningkatkan amonia reabsorpsi dan resiko hipokalemia yang menjadi poin penting Dyazide untuk hipertensi berlaku untuk penggunaannya dalam penyakit Ménière. Sedikit bukti menyelidiki rejimen yang sama dalam penggunaanya. Dyazide diketahui tidak berdampak pada gangguan pendengaran. Diuretik loop kurang disukai karena efek ototoksik yang ditimbulkan.

Sering direkomendasikan atau diresepkan meclizine (OTC Bonine dan resep Antivert) yang diperlukan untuk mengontrol vertigo. Dramamine kurang efektif, tetapi pasien mungkin lebih suka menggunakan Bonine. Bonine dengan kategori "motion sickness " dan Antivert yang disetujui FDA untuk vertigo. Seorang pasien dapat menggunakan 12,5 mg sampai 50 mg  3 kali dalam sehari.

Pengobatan Injeksi


Beberapa pasien dapat menggunakan injeksi gentamisin atau deksametason ke telinga tengah (kemudian diserap ke dalam telinga bagian dalam). Meskipun Gentamisin dapat menghilangkan vertigo pada 70% dari pasien vertigo tetapi dapat menyebabkan ketulian permanen di 30% pasien. Steroid, seperti deksametason, memberikan bantuan sementara melalui efek anti-inflamasi tanpa ototoxicity

Obat Pelengkap Dan Alternatif


Banyak orang telah mencoba tai chi, akupunktur, homeopati, dan herbal seperti gingko biloba, niacin, atau jahe untuk gejala yang berhubungan dengan meniere. Tai chi memberikan pengobatan yang baik untuk Ménière dengan mengurangi stres (yang dapat sebagai pemicu hipertensi dan migrain). 

Vertigoheel homeopati mengandung (asam aminobutyric gamma) senyawa GABAergic dan inhibitor reseptor nikotin. Cocculus indicus dan conium maculatum, masing-masing juga mengandung ini. Salicylicum acidum, natrum salicylicum nux vomica, dan Chenopodium lainnya juga memperlihatkan hasil positif dalam pengobatan miniere.

Obat-obatan herbal yang umum digunakan digunakan di seluruh dunia termasuk vinpocetine, valerian, jahe, dan ginko biloba. Vinpocetine melebarkan pembuluh darah otak, valerian bertindak seperti benzodiazepin, jahe mengurangi mual, dan ginko biloba adalah anti-ischemic.Gingko adalah yang paling memberikan efek dalam pengobatan ini, tetapi meningkatkan risiko pendarahan, dosis optimalnya tidak pasti, dan kemanjuran adalah bervariasi juga.

Kesimpulan


Kebanyakan pasien yang terkena penyakit Ménière tidak menyadari sepenuhnya tentang gejala penyakit ini seperti, kehilangan pendengaran, tinnitus, dan sensasi telinga kepenuhan adalah sindrom medis. Pembatasan atau kontrol gejala penyakit ini diperlukan agar tidak berkembang menjadi cacat terkait penyakit ini, dan kontrol yang cepat dapat menunda atau mencegah gangguan pendengaran. Tujuan dari perawatan adalah untuk mengurangi kelanjutan penyakit ini dan mengurangi tingkat keparahan, gangguan pendengaran, dan kecacatan yang berhubungan dengan penyakit ini.

Sumber : http://www.pharmacytimes.com/contributor/daniel-holland-pharmd/2016/12/a-pharmacists-guide-to-menieres-disease


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon