Sunday, December 18, 2016

Cara Mengatasi Infeksi Listeria

Tags

Cara Mengatasi Infeksi Listeria  bakteri patogen  bakteri e coli  bakteri salmonella  jenis jenis bakteri  bakteri listeria  bakteri patogen pada manusia  bakteri penyebab diare  mikroorganisme pada makanan  mikroorganisme patogen  bakteri pada makanan  jenis bakteri  mikroba patogen  penyebab keracunan makanan  mikrobiologi  bakteri listeria monocytogenes  daging kambing untuk ibu hamil  makanan beku  menginitis  bakteri ecoli  nama bakteri  makanan bakteri  es krim untuk ibu hamil  penyakit meningitis  kuman patogen  cara coli  penyakit miningitis  manfaat ketumbar  mikroorganisme kecap  bakteri makanan  meningitis adalah Listeriosis adalah  Penyebab Utama Infeksi Listeria Gejala Dari Infeksi Listeria Pengobatan dan Pencegahan Untuk Infeksi Listeria


Apotekers.com Listeriosis adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh Listeria monocytogenes bakteri. Infeksi ini bahkan dapat menyebabkan kematian, selain menyebabkan penyakit, dan penyakit yang lebih parah lagi. Infeksi Listeria disebabkan oleh konsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri tersebut.

Bakteri ini berasal dibawah tanah dan lebih lanjut dapat berkembang biak didalam sayuran, buah-buahan yang tumbuh ditanah yang telah terkonstaminasi oleh bakteri ini.

Penyebab Utama Infeksi Listeria
Bisa berasal dari daging hewan yang terkonstaminasi, seperti sapi, kambing yang sebelumnya memakan makanan yang telah terkonstaminasi bakteri ini. Juga dapat berasal dari seluruh produk / makanan yang berasal dari susu yang tidak dipasteurisasi.

Setelah seseorang mengkonsumsi makanan yang telah terkonstaminasi bakteri listeria, bakteri ini akan masuk kedalam saluran pencernaan yang kemudian masuk kedalam aliran darah. Racun yang dihasilkan oleh listeria dapat merusak sel-sel.

Bakteri ini dapat menekan sistem saraf dalam tubuh, menyebabkan penyakit seperti meningitis dan ensefalitis. Bakteri ini juga memiliki kemampuan untuk merubah sistim kekebalan tubuh yang membuat hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan kematian.

Gejala Dari Infeksi Listeria

Gejala infeksi listeria diantaranya : Sakit kepala, demam sakit perut danlainya. Tapi infeksi ini dapat benar-benar buruk bagi mereka yang mempunyai sistim kekebalan tubuh yang buruk, orang tua dan juga pada wanita hamil. Bakteri ini dapat melewati plasenta dalam rahim yang merupakan pelindung bagi bayi, menyebabkan infeksi sehingga juga dapat menyebabkan kematian bagi bayi tersebut.
Listeriosis umumnya didiagnosis melalui tes darah, juga tes cairan seperti urin.

Pengobatan dan Pencegahan Untuk Infeksi Listeria

Cara terbaik untuk mengobati infeksi ini meningkatkan kekebalan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Selain itu juga tentunya, ada obat untuk mengobati penyakit ini. Tapi pada dasarnya tentu lebih baik mencegah dari pada mengobati. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan, diantarnya dalam menjaga masakan yang kita makan agar tetap dengan gizi yang baik.
  • Pertama tentunya jika memasak daging, haruslah dimasak dengan benar
  • Kedua gunakanlah hanya produk susu pasteurisasi, sehingga meminimalkan dalam terkonstaminasi oleh bakteri ini.
  • Ketiga jangan menyimpan makanan di luar kulkas lebih dari dua minggu, karena hal ini dapat memicu timbulnya bakteri.
  • Selanjutnya bersihkan tanggan anda sebelum maupun sesudah mengkonsumsi makanan.
  • Jangan gunakan alat potong seperti pisau yang telah digunakan untuk memotong daging pada saat membersihkan atau memotong sayuran.
  • Bersihkan kulkas secara berkala, karena liseteria dapat tumbuh didalamnya.
  • Cuci semua sayuran dan buah-buahan sampai bersih sebelum mengkonsumsinya lansung.
  • Jangan makan makanan sisa setelah beberapa hari, kecuali dinyatakan lain dapat dipanaskan terlebih dahulu tentunya dengan suhu yang tinggi sebelum mengkonsumsinya.
Sumber : Boldsky.com


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon