Wednesday, November 23, 2016

Surat Peringatan Keamanan Dari BPOM Kepada IDI,IAI Dan Tenaga Kesehatan Profesional Lainya

Tags

Surat Peringatan Keamanan Dari BPOM Kepada IDI,IAI Dan Tenaga Kesehatan Profesional Lainya surah yasin full  surah yassin  surat yasin full  surah yasin  surah yasin quran  quran surah yasin  surat yassin  quran yasin  surahyasin  surat yasin  yasin quran  yasin surah  surah yasin arabic text  surat yasen  sura yasin  alquran surat yasin  suratul yasin  yasin surah full  quran surat yasin  map surat  yasin  suroh yasin  al quran surat yasin  al quran surah yasin  yasin surat  suray yasin  qs yasin  yasin online  surah al yasin  surah yasin online  bpom  Penelusuran bulanan rata-rata  Persaingan  Tawaran yang disarankan  Pangsa tyng. iklan  10 rb – 100 rb Rendah Rp865 – Tambahkan ke rencana AKUN   Tampilkan baris: 30 1 - 1 dari 1 kata kunci              Kata kunci (menurut relevansi) Penelusuran bulanan rata-rata  Persaingan  Tawaran yang disarankan  Pangsa tyng. iklan  Tambahkan ke rencana Kata kunci (menurut relevansi) cream muka  cream pemutih yang aman  krim pemutih yang aman  cream pemutih kulit  apoteker  cream muka yang aman  cream wajah yang bagus dan aman  bedak pemutih yang aman  bpom kosmetik  jual cream sari  pemutih wajah yang aman menurut bpom  cream pemutih aman  cream wajah aman  krim pemutih wajah yang bagus dan aman  krim wajah aman  cream wajah yang aman menurut bpom  krim muka yang bagus  cream muka yang bagus dan aman  website bpom  krim pemutih wajah yang aman menurut bpom  cek no pom  kosmetik yang terdaftar di bpom  krim pemutih aman  produk kecantikan yang aman  kosmetik pemutih yang aman  cream pemutih wajah yang aman bpom  makanan  cream wajah bpom  cream pemutih wajah yang terdaftar di bpom  obat

Apotekers.com Kembali Badan POM mengeluarkan safety alert atau surat peringat keamanan untuk obat Antimalaria Artesunate injeksi, atas kejadian yang tidak diinginkan pada 5 pasien di Kabupaten Monokwari Papua Barat setelah pemberian Artesunate injeksi.

Surat itu ditujukan untuk organisai Ikatan Dokter Indonesia ( IDI) dan Juga Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dengan Nomor Surat B-PW.13.01.343.3.11.16.9182 berisikan tentang :
Sehubungan dengan adanya Kejadian Tidak Diinginkan yang hampir serupa dan terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan (cluster) setelah pemberian Artesunate Injeksi pada lima pasien disalah satu sarana pelayanan kesehatan di Kabupaten Monokwari, Papua Barat pada bulan Mei 2016 yang lalu, dalam rangka kehati-hatian, bersama ini kami sampaikan Safety Alert " Informasi Untuk Tenaga Kesehatan Profesional" untuk menjadi perhatian profesional kesehatan dalam penggunaan obat tersebut kepada pasien untuk dapat disebarluaskan kepada anggota IDI dan IAI.
Surat tersebut ditembuskan juga kepada

  1.  Kepala Badan POM ( sebagai laporan )
  2.  Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI)
  3.  Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) 
  4.  Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tulang Vektor dan Zoonotik (P2PTVZ)
  5.  Arsip
Surat ini diterbitkan di Jakarta pada 22 November 2016 yang ditandatangani lansung oleh a/n Kepala Badan Pengawasan Obat Dan Makanan RI Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat Terapetik dan NAPZA Drs. Ondri Dwi Sampurno, M.Si, Apt.

Artesunate sendiri merupakan salah satu obat antimalaria derivat artemisinin. Obat ini disetujui dalam penggunaanya pada pengobatan penyakit malaria berat, juga termasuk untuk pengobatan malaria yang disebabkan oleh Plasmodium falciparum  yang telah resiten terhadap klorkuin. Untuk di Indonesia obat ini ada dalam bentuk tablet dan sedian injeksi.

Kejadian Tidak Diinginkan di Kabupaten Monokwari, Papua Barat tersebut berupa demam, menggigil hebat, muntah-muntah, lemas, pusing, jantung berdebar yang muncul setelah lebih kurang 1 jam pemberiaan injeksi artesunate. Hal inilah yang menjadi dasar Badan POM mengeluarkan surat peringatan keamanan ini.

Untuk melihat surat ini seraca penuh, download Safety Alert

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon