Friday, November 18, 2016

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apotek Dan Fungsi Apotek

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apotek Dan Fungsi Apotek apotek online  apotek k24  apotek 24  apotek k 24  apotik century  apotek century  century apotik  k24 apotek  k 24 apotek  apotek century online  apotik k24  apotek k24 online  meilibahenling di apotek  bisnis apotek  harga garcia di apotik  waralaba apotek  k 24  franchise apotek  bisnis apotik  apotek k24 delivery  apotik online  century apotek  harga dermatix di apotik  apotek guardian  apotik roxy 24 jam  kimia  waralaba adalah  apotek 24 jam  apotik  waralaba apotik  apotek adalah apoteker adalah apoteker

Apotekers.com Dalam suatu pelayanan kesehatan pada umumnya selalu menggunakan obat sebagai terapi dalam proses menjaga kesehatan maupun menyembuhkan suatu penyakit. Dan salah satu cara untuk mendapatkan obat adalah pergi kesalah satu pelayanan kefarmasian diantaranya yaitu apotek. Lalu apa sih apotek tersebut,? Pada artikel ini akan membahas lebih dalam apa itu apotek menurut perundang-undangan dan apa saja fungsi dari apotek serta siapa yang bertanggung jawab terhadap apotek.


Apotek

Menurut Permenkes RI No 35 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek, Apotek adalah suatu sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Sediaan farmasi meliputi obat, bahan obat, obat alat kesehatan dan kosmetik. Perbekalan kesehatan adalah semua bahan dan peralatan yang diperlukan untuk menyelanggarakan upaya kesehatan. Untuk itu apotek sebagai alat distribusi dan penyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat, harus mampu menyediakan pelayanan kefarmasian yang memadai dan terjangkau bagi seluruh masyarakat.

Pengaturan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek bertujuan untuk meningkatkan mutu Pelayanan Kefarmasian, menjamin kepastian hukum bagi tenaga kefarmasian; dan melindungi pasien dan masyarakat dari penggunaan Obat yang tidak rasional dalam rangka keselamatan pasien (patient safety).

Selanjutnya siapa sih apoteker tersebut ? sehingga bisa menjadi penanggung jawab apotek. 


Dalam peraturan pemerintah No. 51 pasal 21 ayat 2 tahun 2009 Apoteker adalah sarjana farmasi yang telah lulus sebagai Apoteker dan telah mengucapkan sumpah jabatan Apoteker.Tentunya seorang apoteker haruslah melakukan praktek kerja terlebih dahulu guna tercapainya kompetensi agar sesuai  dengan standar yang ada, hal ini didasarkan pada keputusan Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan No. 51/DIKTI/Kep/1984, bahwa calon Apoteker harus melakukan praktek kerja pada apotek yang ditunjuk pada masa pendidikan apoteker.


Tugas dan Fungsi Apotek

  • Sebagai tempat pengabdian profesi seorang Apoteker yang telah mengucapkan sumpah jabatan. 
  • Sebagai sarana farmasi tempat dilakukannya kegiatan peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran, dan penyerahan obat atau bahan obat. 
  • Sebagai sarana penyaluran perbekalan farmasi yang harus menyebarkan obat yang diperlukan masyarakat secara luas dan merata. 
  • Sebagai sarana pelayanan informasi obat dan perbekalan farmasi lainnya kepada tenaga kesehatan lain dan masyarakat, termasuk pengamatan dan pelaporan mengenai khasiat, keamanan, bahaya, dan mutu obat.

Peran Apotek

Apotek berperan sebagai tempat untuk mengelola perbekalan farmasi di apotek,  pengelolaan perbekalan farmasi diapotek meliputi:
  1. Pembuatan, pengelolaan, peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran, penyimpanan dan penyerahan obat atau bahan obat.
  2. Pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan penyerahan perbekalan farmasi lainnya.
  3. Pelayanan informasi mengenai perbekalan farmasi diantaranya:
  • Pelayanan informasi tentang obat dan perbekalan farmasi diberikan baik kepada Dokter dan tenaga kesehatan lainnya maupun kepada masyarakat.
  • Pengalaman dan pelaporan informasi mengenai khasiat,keamanan, bahaya suatu obat dan perbekalan farmasi lainnya. Pelayanan informasi tersebut diatas wajib didasarkan kepada kepentingan masyarakat. Tanggung jawab pengelolaan ini secara penuh diberikan kepada Apoteker.

Sumber : Permenkes RI No 35 tahun 2014

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon