Thursday, November 17, 2016

Diet Seimbang Berikan Bantuan Bagi Mereka Yang Memiliki Epilepsi

 Diet Seimbang Berikan Bantuan Bagi Mereka Yang Memiliki Epilepsi

Apotekers.com Epilepsi merupakan gangguan neurologis serius, memiliki kecenderungan mengalami kejang dibagian otak. Hal tersebut biasanya didiagnosis apabila seseorang telah mengalami kejang lebih dari satu kali.

Suatu pertnyaan yang selalu ada diantaranya, dapatkah makanan yang sehat memeberikan bantuan kepada seseorang yang mengalami epilepsi,?? Tentunya sebuah diet atau pola makan yang sehat dapat meningkatkan fungsi tubuh dan otak tentunya, hal tersebut dapat mengurangi resiko kejang bagi penderita epilepsi.

Tidak ada makanan khusus yang dapat memicu epilepsi, karena penyakit ini bervariasi dari individu dan individu yang lainya, tapi ada beberapa hal yang harus dihindari terutama pemanis dan pengawet buatan.

Bagaimana diet atau pola makan sehat dapat membantu penderita epilepsi ?

Meskipun hanya ada sedikit bukti bahwa diet seimbang mempengaruhi kondisi epilepsi secara lansung, tapi jelas dengan memberikan nutrisi penting dan menjaga tingkat energi agar tetap stabil merupakan hal yang penting. Diet seimbang dapat membantu pola tidur yang teratur sehingga menjadikan hidup menjadi lebih aktif lagi. 

Sebuah diet sehat, seperti menggunakan tingkat lemak, karbohidrat, dan protein tertentu yang dapat mengembalikan fungsi otak. Maka dari itu penderita epilepsi harus di perhatikan betul pola makanya agar terhindar dari gejala-gejala epilepsi seperti kejang.

Apa yang dimaksud dengan diet seimbang dan yang ideal ?

Diet yang seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, sayuran, buah-buahan dan tentunya banyak minum air putih. Kebiasaan diet ditentukan dengan tempat dimana kita hidup dan gaya hidup kita. Dalam diet seimbang dapat memberikan energi yang positif tentunya dan dapat ditemukan dari makanan yang sehat tersebut seperti vitamin, serat dan mineral.

Protein dapat membangun fungsi dari tubuh kita seperti otot, hormon, enzim, dan lain-lain. Protein dapat ditemukan pada makanan, susu,  juga pada ikan, kacang-kacangan, telur dan lainya. Lemak membantu dalam penyerapan nutrisi dan juga membantu tubuh agar tetap hangat, menjaga sel-sel agar tetap sehat dan memberikan energi pada kita. 

Buah-buahan dapat memberikan kita vitamin, mineral maupun serat sehingga melindungi kita dari infeksi dan penyakit. Tetapi harus berhati-hati jika ingin memperoleh vitamin dari suplemen, konsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lainya itu jauh lebih baik lagi. Mengkonsumsi air yang cukup dapat membuat tubuh kita terhidrasi sehingga mengurangi resiko kejang.

Hal hal diatas tentunya harus tetap diberikan pada penderita epilepsi untuk menghindari dari gejala-gejala penyakit epilepsi, dengan menjaga pola makan yang sehat dengan mencukupi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga terciptanya kehidupan yang sehat terhindar dari hal-hal yang buruk dari epilepsi.

Boldsky

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon