Tuesday, November 22, 2016

Cara Mengatasi Kemarahan Pada Saat Menstruasi

Cara Mengatasi Kemarahan Pada Saat Menstruasi menstruasi  siklus menstruasi  haid  menstruasi tidak teratur  tanda tanda menstruasi  darah haid  siklus haid  tanda tanda haid  siklus menstruasi normal  datang bulan  menstruasi lama  tanda menstruasi  fase menstruasi  tanda haid  gangguan menstruasi  masa menstruasi  siklus haid normal  menstruasi pada wanita  menstruasi wanita  gangguan haid  haid tidak normal  darah menstruasi  siklus menstruasi pada wanita  tanda tanda wanita akan menstruasi  tanda datang haid  akibat haid tidak teratur  tanda tanda datang haid  masa haid  wanita menstruasi  haid normal  mengapa haid tidak teratur

Apotekers.com Nyeri saat menstruasi terkadang membuat wanita meluapkannya dengan amarah yang tak menentu. Meskipun belum ada satu penelitian ilmiahpun yang dapat memberikan informasi kenapa wanita suka marah ketika sedang menstruasi.

Tapi perubahan hormon dan neurotransmiter otak, serotonin salah satu neurotransmiter otak diyakini memegang peranan penting dalam hal mood wanita saat menstruasi, kadar serotonin yang kurang dapat menyebabkan depresi, kelelahan berlebih, mengidam makanan, serta gangguan tidur.

Penyebab selanjutnya adalah stres yang diyakini dapat memperburuk perasaan wanita saat menstruasi dan yang juga berpengaruh adalah pola makan yang buruk, asupan vitamin, mineral yang rendah serta makanan yang mengandung garam yang tinggi, ini akan memicu penumpukan cairan, serta minuman berkafein dan berakohol juga dapat mempengaruhi mood dan energi seseorang.

Sehingga hal tersebut diatas berpotensi mengakibatkan perubahan mood wanita pada saat menstruasi. Nah setelah mengetahui beberapa penyebab yang diyakini memicu rasa marah pada wanita saat menstruasi, anda dapat berfikir bagaimana cara mengatasinya ? Meskipun tidak dapat diredakan secara keseluruhan, anda dapat mengikuti beberapa langkah untuk mengurangi rasa marah tersebut.

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi rasa marah saat menstruasi, diantaranya :

1. Menjaga asupan nutrisi makanan

Pada saat menjelang menstruasi biasa tubuh agak sedikit membengkak, terutama dibagian paha, dada, perut jika sudah seperti ini anda merasa tidak nyaman dengan tubuh sendiri. Karena itulah untuk mengatasi kondisi yang tidak nyaman tersebut sebaiknya hindari makanan yang mengandung garam berlebih, hindari makanan kemasan. cepat saji serta hindari pula makanan ringan yang banyak mengandung Msg atau penyedap rasa, pilihlah makanan yang segar dan sehat seperti buah-buahan serta sayuran.

2. Hindari aktifitas yang dapat memicu emosi 

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan berolah raga, latihan pernafasan yang teratur akan membuat anda lebih rileks dalam meredam pemicu emosi yang datang dari luar. Kemudian istirahatkan tubuh dengan pola tidur yang teratur. Tentunya tidur yang cukup membuat otak menjadi lebih rileks. Sehingga tidak mudah terpicu oleh rasa marah.

3. Mendekatkan diri kepada Agama

Salah satunya dengan mengucapkan ta'awudz, karena sumber marah adalah setan. Sehingga godaan rasa marah dapat diredam dengan meminta perlindungan kepada Allah.

Beberapa wanita emang mudah marah menjelang saat menstruasi atau haid, tidak ada yang bisa disalahkan jika situasi ini sedang dialami, kecuali melakukan usaha-usaha untuk meminimalkan dampaknya. Maka cobalah untuk para wanita untuk mengontrol rasa marah dan ketidak stabilan emosi ketika sedang mengalami menstruasi.






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon