Wednesday, September 21, 2016

Sakit Lambung Terus menerus, Mungkin Anda Terkena Tukak lambung


Apotekers.com Tukak lambung ( ulkus peptikum umumnya disebabkan oleh bakteri Hellicobacter pylory yang bekerja dengan mekasnisme tertentu merusak mukosa lambung, menimbulkan lobang yang disebut dengan ulkus.

Jenis penyakit lambung seperti ini pilihan obat yang diberikan adalah antibiotika yang masih peka terhadap bakteri gram (-).  Sukralfat yang bekerja terhadap muatan (+) protein yang ada di lobang tukak diharapkan dapat menutup lobang tukak, agar terhindar dari serangan faktor agresif di lambung ( HCl dan pepsin ).

Mual dan muntah serta peningkatan sekresi HCl juga dapat ditimbulkan oleh tingginya kadar ureum dalam darah akibat gangguan fungsi ginjal. Ureum akan meransang pengeluaran HCl, oleh sebab itu orang yang terganggu fungsi ginjal akan menimbulkan ganguan pada lambung serpeti mual, muntah dan cegukan. Oleh karena itu obat pengahambat pompa proton pada lambung seperti omebrazol dan lansoprazol dapat diberikan dalam bentuk tunggal dan kombinasi dengan obat antihistamin H-2         (ranitidin). Pemberian ranitidin dapat berupa oral atau injeksi, bisa dalam bentuk kedua sediaan, tegantung kepada kondisi berat dan ringannya penyakit pasien.

Berdasarkan Lokasinya ulkus dapat dibagi atas 3 jenis, antara lain
  1.  Ulkus Esofagus, ulkus terlihat pada esofagus ditandai dengan rasa nyeri hebat setelah makan
  2.  Ulkus Peptikum, ditandai dengan persaan lambung nyaman pas setelah makan 
  3. Ulkus duodenum, ditandai dengan perasaan nyeri beberapa saat setelah perut diisi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon